Aplikasi Model Peramalan OPT


Aplikasi Model Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan pada Tanaman Padi

Oleh:

Edi Suwardiwijaya

Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan

Jl. Raya Kaliasin. Tromol Pos 1 Jatisari. Karawang. Telp./Fax (0264) 360581

I. PENDAHULUAN

Peramalan pada dasarnya adalah merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan, sebab efektif atau tidaknya suatu keputusan umumnya tergantung pada beberapa faktor yang tidak dapat kita lihat pada waktu keputusan itu diambil.  Peramalan dan pengambilan keputusan adalah merupakan dasar dalam menyusun suatu bentuk perencanaan yang menjadi aktifitas kehidupan sehari-hari.  Alasan dibutuhkannya suatu peramalan adalah karena adanya beda waktu, kejadian nyata suatu peristiwa yang cukup lama.  Apabila beda waktu itu kecil atau tidak ada, maka peramalan tidak dibutuhkan lagi.

Arti peramalan yang sesungguhnya adalah menduga/memprediksi peristiwa dimasa depan dan bertujuan untuk memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat suatu pengambilan keputusan.  Suatu peramalan tidak selalu tepat dan dapat menghilangkan suatu resiko, oleh karena itu maka galat ramalan harus selalu diperhitungkan dalam pengambilan keputusan.

(…………….. selanjutnya download  Aplikasi Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan)

Untuk catatan saya, mohon kirimkan komentar dan identitas anda, jika anda menggunakan (download) tulisan pada Blog’s saya

============================

For my note, request to deliver your identity and comment if you use (article download) in my Blog’s

7 responses to this post.

  1. Posted by Handoko B. Muchtar, SP on September 3, 2009 at 1:37 pm

    Saya mengharapkan adanya suatu aplikasi peramalan OPT maupun Iklim untuk memudahkan dalam penganalisaan pekerjaan saya di Dinas Pertanian TPH Kab. Barito Kuala, Prov. KalSel. Selama ini saya menggunakan peramalan dengan cara manual. Terima kasih bila ada info cara-cara mudah dalam Pekerjaan memberikan data-data peramalan terhadap keperluan pertanian.

    Reply

    • Posted by edisw on September 3, 2009 at 2:01 pm

      Peramalan OPT dan Iklim dapat dilakukan dengan metode Peramalan Naif yang paling mudah dengan anggapan bahwa kejadian masa lampau akan berulang kembali dimasa mendatang. Jika Bapak ada data-data yang bisa didiskusikan mungkinsaya dapat membantunya.

      Reply

  2. Sebagai ajang diskusi blog ini sangat bermanfaat bagi petugas untuk belajar lebih dalam lagi mengenai peramalan OPT, kalau tulisan ini diunduh bolehkah? (tentu dengan menyebutkan sumber). Terima kasih. BBPOPT soulmate Petani. Salam….!!!!

    Reply

  3. Posted by ramadhani on December 1, 2009 at 6:33 am

    makasih byak y pak atas info nya untuk menambah referensi untuk skripsi saya. pak klo ad info terbru mengenai peramalan tlg krim ke email saya y pak. terima kasih byak pak

    Reply

  4. Posted by Arif on July 14, 2011 at 6:01 am

    Makasih byk pak.. oya, saya salah satu peserta pelatihan pemetaan dan peramalan OPT perkebunan d jatisari bln mei kmrin.. sy pserta dr BBP2TP sby..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: